Tempat Wisata Legenda Indonesia

Tempat Wisata Legenda Pilihan Indonesia dianugerahi dengan ribuan tempat menarik sebagai daya tarik wisata. Tak hanya keindahan alam saja yang membuat tempat-tempat tersebut spesial, namun beberapa kisah atau legenda rakyat yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah tujuh tempat wisata legenda yang mengandung mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar.

1. Pantai Parangkusumo

Kalian pasti sudah pernah mendengar legenda Ratu Kidul, sang penguasa perairan Laut Selatan Jawa. Meski digambarkan sebagai wanita yang cantik, namun sang ratu sangat lekat dengan kesan mistis bagi masyarakat Jawa. Salah satu pantai di Yogyakarta yang dekat dengan legenda Ratu Kidul adalah Parangkusumo yang tak jarang digunakan sebagai lokasi upacara khusus sebagai persembahan untuk sang ratu.

Konon di tempat inilah terjadi awalnya kisah percintaan antara Ratu Kidul dengan raja Kerajaan Mataram, Panembahan Senopati. Sang ratu pertama kali bertemu dengan Senopati yang sedang bertapa di atas batu yang kini disebut dengan Batu Cinta. Hingga kini dipercaya barang siapa berdoa di dekat batu tersebut, akan terkabul kebahagian dalam hidupnya.

2. Candi Borobudur

Sebagai candi Budha terbesar di dunia, keberadaan Candi Borobudur tak bisa dipungkiri. Dalam perjalanan sejarahnya Candi yang terletak di Magelang ini memiliki cerita yang berkembang menjadi mitos. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah keberadaan Arca Kunto Bismo yang terletak dalam stupa teras Arupadhatu. Sejak dulu, masyarakat sekitar dan pengunjung mempercayai bahwa siapapun laki-laki yang bisa menyentuh jari manis arca tersebut, atau perempuan yang bisa menyentuh tumitnya, niscaya akan terkabul segala keinginannya.

Tak hanya Kunto Bimo saja, mitos arca Singa Urung juga dipercaya oleh masyarakat sekitar. Sepasang arca singa yang berada di kanan dan kiri pintu tangga naik ini dipercaya memiliki energi negatif. Mitos yang berkembang, bila ada sepasang kekasih berjalan di antara kedua arca tersebut, hubungan keduanya tidak akan sampai ke pelaminan.

3. Telaga Warna

Tempat wisata legenda selanjutnya berada di kawasan Dieng. Nama Dieng sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata, yakni “di” dan “hyang”. Di berarti tempat yang tinggi dan hyang berarti tempat para dewa-dewi. Daerah ini memang dipercaya sebagai kawasan sakral tempat berdiamnya dewa-dewi yang dipercaya masyarakat sekitar.

Salah satu daya tarik kawasan Dieng adalah Telaga Warna. Dinamakan demikian karena telaga ini memiliki fenomena alam unik yakni air dalam telaga tersebut berubah-ubah. Mulai dari warna kuning, hijau, dan kadang bisa berwarna-warni layaknya pelangi yang indah. Menurut masyarakat, perubahan warna tersebut karena konon katanya dulu ada sebuah cincin keramat milik seorang bangsawan yang terjatuh ke dalamnya.

Kisah lain yang mewarnai tempat wisata legenda ini adalah adanya seekor ular ajaib yang tinggal di dalam telaga. Barang siapa yang pernah melihat ular tersebut berenang di dalam Telaga Warna, maka ia harus berhati-hati karena kejadian tersebut dipecaya sebagai tanda kejadian buruk akan terjadi.

4. Gunung Rinjani

Backpacker atau petualang manapun pasti tergoda dan tidak bakal bisa menolak godaan Gunung Rinjani. Gunung yang berada di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat ini menyimpan sejuta potensi yang mengundang wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Di balik keindahannya, ternyata gunung tertinggi kedua di Indonesia ini menyimpan mitos yang masih dipercayai masyarakat sekitar. Menurut kepercayaan masyarakat luas, Gunung Rinjani merupakan istana tempat tinggal putri cantik bernama Dewi Anjani.

Di puncak gunung, para pendaki disuguhi dengan pemandangan indah Danau Segara Anak dengan warna airnya yang biru kehijauan. Danau tersebut ternyata juga menyimpan mitos tersendiri, konon siapapun yang melihat Segara Anak nampak luas maka ia akan memiliki umur yang panjang. Bagaimana dengan kalian yang sudah mengunjungi tempat wisata legenda ini, apakah nampak luas atau biasa-biasa saja?

5. Gunung Bromo

Tempat wisata legenda selanjutnya adalah Gunung Bromo yang merupakan ikon primadona pariwisata Jawa Timur. Tak perlu dijelaskan betapa indahnya gunung yang masih aktif ini karena kita yakin kalian sudah pasti tahu, jadi langsung saja ke mitos yang ada di gunung ini aja ya. Dipercaya bahwa bila ada sepasang kekasih menanjak tangga Gunung Bromo dan menghitung jumlah anak tangga secara bersamaan, lalu jumlahnya sama persis saat tiba di atas maka mereka akan berjodoh. Percaya ga, Travelers? Sssstt.. sekadar bocoran, jumlah anak tangga Gunung Bromo ada 249 undak hehehehe..

Buat kalian yang berencana mendaki Bromo dalam waktu dekat, silakan baca tips murah liburan ke Bromo ini.

6. Candi Prambanan

Mayoritas dari kita pasti sudah familiar dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Yup, tak hanya keindahan arsitektur saja yang ditawarkan Candi Prambanan, tetapi juga kisah cinta tragis diantara keduanya. Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada Putri Kerajaan Prambanan itu diharuskan membuat seribu candi sebagai bukti rasa cintanya ke sang putri. Namun hingga waktu yang ditentukan, sang pangeran asal kerajaan Pengging tersebut tak bisa memenuhi janjinya kepada Roro Jonggrang. Merasa dicurangi oleh sang putri, Bandung Bondowoso pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca untuk melengkapi seribu candi tersebut.

Kisah tersebutlah yang kini menjadi mitos yang mewarnai tempat wisata legenda yang terletak di perbatasan Jogja-Jawa tengah ini. Konon, jika ada pasangan kekasih yang berkunjung ke candi ini akan bernasib sama dan cinta mereka akan berakhir tragis. Sedih ya?

7. Gunung Merapi

Tempat wisata legenda selanjutnya adalah Gunung Merapi yang dipercaya oleh masyarakat memiliki hubungan erat dengan Keraton Yogyakarta dan Laut Selatan Jawa. Hingga kini, masyarakat sekitar percaya dengan adanya makhluk halus penghuni gunung ini. Bahkan dipercaya Gunung Merapi merupakan keraton bagi para makhluk halus. Di gunung yang terakhir meletus tahun 2010 lalu, dipercaya ada lokasi-lokasi yang dijaga ketat para “penunggu” tersebut. Salah satunya adalah kawasan di bawah puncak tempat wisata legenda ini yang dikenal sebagai Pasar Bubrah. Pasar tersebut dipercaya masyarakat sebagai pasar tempat bertransaksinya makhluk-makhluk halus, hiiii… syereeem!

Demikian tujuh tempat wisata legenda yang telah disusun oleh tim RanselWisata, semoga bisa menjadi inspirasi perjalanan kalian nanti. Selamat berlibur, Travelers.

Pencarian Terkait: