Air Terjun Sri Gethuk

Eksotisme Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang memiliki banyak potensi wisata alam yang jika digarap dengan serius maka menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain deretan pantai-pantai indah dan gua, Gunung kidul juga memiliki wisata air terjun, salah satunya Air Terjun Sri Gethuk.

Untuk mencapai Sri Gethuk memang cukup melelahkan. Selain karena letaknya yang jauh dari pusat Kota Jogja, jalan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk juga tidak semuanya mulus beraspal. Namun tenang, lelahnya perjalanan bakal terbayar dengan keindahan panorama alam di Air Terjun Sri Gethuk.

Ketika memasuki area parkir dan membeli tiket masuk, memang pemandangannya masih pegunungan kapur yang tandus khas Gunung Kidul. Setelah itu kita harus berjalan sedikit menurun ke arah sungai. Travelers bisa memilih untuk berjalan kaki atau naik rakit menyusuri sungai untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk. Jika ingin menggunakan rakit maka kalian bisa menikmati sensasi menyusuri sungai yang membelah tebing tinggi di kanan-kirinya. Jika memilih berjalan kaki maka kalian harus berjalan kurang lebih 1 kilometer untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk.

Rakit Air Terjun Sri Gethuk

Sesampainya di area air terjun, kalian bisa langsung mandi dan menikmati guyuran air terjun sepuasnya karena debit Air Terjun Sri Gethuk tidak terlalu deras. Air Terjun Sri Gethuk memiliki keunikan yaitu pantulan sinar matahari yang mengenai cipratan air terjun seolah-olah menciptakan pelangi yang cukup rendah di dalam air sehingga kalian bisa menggenggam indahnya barisan warna-warni pelangi itu.

Buat kalian yang cukup berani, kalian juga bisa memacu adrenalin dengan meloncat dari tebing setinggi kurang lebih 4 meter ke dalam sungai. Seru sekali rasanya! Tidak perlu khawatir terluka karena sungai cukup dalam sehingga ketika melompat kita tidak akan terbentur dasar sungai.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk dari Jogja kalian harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang menjangkau sampai ke Air Terjun Sri Gethuk. Bahkan bus pariwisatapun belum bisa masuk ke area wisata Air Terjun Sri Gethuk. Dari Jogja kalian harus menuju ringroad selatan dan berbelok ke arah Wonosari. Sebelum memasuki Kota Wonosari, akan ada papan petunjuk yang menunjukkan belok kanan. Jangan ragu untuk bertanya, warga setempat dengan senang hati pasti mau menunjukan arah ke Air Terjun Sri Gethuk. Perjalanan dari pusat Kota Jogja ke Air Terjun Sri Gethuk menempuh waktu sekitar 2 jam.

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk Rp 3.000/orang. Dan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil. Jika ingin menggunakan jasa rakit maka tiketnya bisa dibeli di loket dengan harga Rp 5.000 sekali jalan. Sebaiknya langsung beli tiket PP karena untuk pulang tidak ada loket di dekat areal air terjunnya. Selain itu, disana juga disewakan ban pelampung seharga Rp 3.000/pelampung.