Candi Ratu Boko

Menikmati Kemegahan Candi Ratu Boko Satu lagi peninggalan Sejarah yang terletak di Provinsi DIY adalah candi Ratu Boko. Letaknya yang sangat luas membuat Candi Ratu Boko berada di dua dusun dari dua desa yang berbeda, yaitu di Dusun Samberwatu (Desa Sambirejo) dan Dusun Dawung (Desa Bokoharjo) yang masuk kedalam Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi Ratu Boko sendiri konon merupakan area kraton yang digunakan oleh Dinasti Syailendra pada abad ke-8 Masehi. Kemegahan kraton ini bisa dilihat dari luasnya area kraton yang diperkirakan mencapai 25 hektar. Hijaunya rerumputan luas menjadi alas bebatuan kuno dibawah birunya langit memberikan keindahan tersendiri bagi Candi Ratu Boko.

Pintu Gerbang Candi Ratu Boko

Walaupun sudah terlalu jauh untuk mempelajari sejarahnya, paling tidak jika berwisata ke Candi Ratu Boko maka kalian bisa menikmati pemandangannya. Letaknya yang cukup tinggi di sekitar 200 meter di atas permukaan laut membuat kalian dapat melihat landscape Jogja dengan segala kesibukannya dari ketinggian. Saran dari RanselWisata berkunjunglah kesini di sore hari karena pemandangan matahari terbenam di sini sangatlah indah sekali.

sunset ratu boko

Jangan lupa bawa kamera kalian karena memang keindahan pemandangan di Candi Ratu Boko sangat sayang untuk dilewatkan. Banyak pengunjung yang datang kesini untuk sekedar hunting foto dan memang banyak foto yang dihasilkan memang ciamik.

Bawa juga perbekalan minum yang cukup karena kalian harus berjalan cukup jauh jika mengunjungi Candi Ratu Boko. Sebaiknya jangan ajak orang tua yang sudah tidak kuat jalan jauh karena selain areanya yang luas, banyak kontur tanah yang naik turun yang akan menghabiskan tenaga.

Konon, nama Candi Ratu Boko sendiri berasal dari nama Ratu Baka yang konon merupakan ayahanda dari Roro Jongrang. Pemeran utama dalam legenda Candi Prambanan yang terletak tak jauh dari Ratu Boko.

Transportasi ke Candi Ratu Boko

Jika kalian berkunjung ke Prambanan, Candi Ratu Boko bisa dijadikan alternatif objek wisata untuk dikunjungi setelahnya. Bahkan di candi Prambanan ditawarkan paket shuttle transportasi Prambanan-RatuBoko-Prambanan plus air mineral serta tiket masuk Candi Ratu Boko. Paket tersebut dapat dibeli seharga Rp 35.000.

Atau jika kalian ingin langsung ke Candi Ratu Boko tanpa mengunjungi Candi Prambanan, maka kalian bisa membeli tiket seharga Rp. 15.000. Candi Ratu Boko bisa diakses dengan mudah menggunakan motor tapi cukup sulit menggunakan mobil karena jalannya yang sempit.

Jika kalian ingin menggunakan transportasi umum bisa menggunakan Trans Jogja dan turun di Halte Prambanan, dari sini bisa diteruskan denagn ojek karena jarak dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko hanya sekitar 2 km saja.

Lokasi Candi Ratu Boko

Pencarian Terkait: