Caringin Tilu Bandung Utara

Romantisme Gemerlap Bandung dari Caringin Tilu Mendengar nama Caringin Tilu mungkin masih terasa asing bagi kalian, karena memang ternyata bagi warga Bandung sendiri masih jarang yang tahu tentang objek wisata yang secara geografis berada di wilayah Bandung Utara ini.

Caringin Tilu merupakan sebuah wisata alam yang menampilkan keindahan kota Bandung dari ketinggian. Tentunya objek wisata ini sangat menyejukkan dan sedap dipandang mata. Sangat cocok untuk melepas segala kepenatan kalian. Caringin Tilu atau biasa disebut Cartil merupakan Bahasa Sunda dari tiga beringin yang memang menjadi ikon dari wisata ini. Di atas Caringin Tilu konon ada makam yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat, namun bukan berarti objek wisata di Caringin Tilu menjadi menyeramkan.

Pada siang hari kalian bisa melihat pemandangan indahnya Kota Bandung yang walaupun masih terlihat hijau dikelilingnya namun sudah banyak bangunan bangunan modern di pusat kotanya. Sedangkan di sore hari kalian bisa menikmati indahnya sunset dari ketinggian.

Ketika malam tiba, Caringin Tilu menawarkan romantisme gemerlap malam di Kota Bandung. Ribuan lampu dari gedung-gedung di Bandung bagaikan gemerlap bintang yang menghiasi angkasa. Itulah mengapa pengunjung tempat ini didominasi oleh pasangan muda-mudi yang sedang dimabuk asmara.

Caringin Tilu juga bisa dijadikan alternatif tujuan tempat wisata untuk menghabiskan malam tahun baru karena dari sini berbagai kembang api yang diluncurkan dari Kota Bandung dapat terlihat dengan jelas.

Walaupun sudah resmi dibuka menjadi tempat wisata sejak 2002, namun Caringin Tilu tidak mendapatkan promosi besar-besaran sehingga pertumbuhan pengunjung di Caringin Tilu tidak terlalu pesat. Namun menurut penuturan salah satu penjual di Caringin Tilu kepada RanselWisata, tahun ini pengunjung sudah cukup ramai dan pendapatan mereka sudah cukup lumayan. Dahulu tahun 2002, di Caringin Tilu Cuma ada 3 warung dan sekarang sudah terdapat 25 warung yang berbentuk saung menjual berbagai jenis makanan. Walaupun imbasnya mereka harus bersaing antar sesama pemilik warung.

Lokasi Caringin Tilu

Caringin Tilu terletak di kecamatan Cimenyan, Bandung Utara. Untuk kesini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi. Letaknya kurang lebih 5 kilometer dari Terminal Cicaheum. Memasuki kawasan wisata kalian tidak dipungut biaya, hanya biaya parkir dan biaya makan di saung-saung yang menjajakan berbagai makanan.

Pencarian Terkait: