Cave tubing Gua Pindul

Pacu Adrenalin di Aktivitas Penyusuran Gua Pindul Udah pernah mencoba aktivitas cave tubing? Itu lho menggunakan ban dalam mobil (tube) sebagai pelampung untuk menyusuri gua. Di Jogja, tepatnya Kabupaten Kidul ada dua tempat yang bisa kalian kunjungi untuk melakukan olahraga ini. Tempat cave tubing pertama adalah di Kalisuci yang sudah pernah dibahas sebelumnya oleh RanselWisata. Lalu tempat cave tubing kedua adalah Gua Pindul. Konon, Gunung Kidul adalah lokasi ketiga yang memiliki wisata cave tubing setelah Meksiko dan Selandia Baru.

Sama seperti Kalisuci, Gua Pindul juga merupakan aset wisata Kabupaten Gunung Kidul yang dikelola dengan cukup serius dan melibatkan masyarakat setempat sehingga wisata Gua Pindul benar-benar membantu mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitarnya. Gua ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sebelum memulai aktivitas petualangan ini, kalian akan diberikan perlengkapan keamanan secara lengkap. Live vest dan helm wajib kalian gunakan, barulah kalian akan nyemplung ke air menggunakan ban pelampung. Panjang aliran kali di dalam gua yang akan kalian susuri kira-kira sepanjang 350 meter dengan lebar 5 meter. Kedalaman air disinyalir mencapai 7 meter, untuk itulah kalian harus selalu menggunakan jaket pelampung selama melakukan cave tubing.

Selama penelurusan Gua Pindul kalian akan ditemani oleh pemandu yang sudah paham betul dengan kondisi lapangan di Gua Pindul. Begitu memasuki Zona gelap dari gua, pemandangan yang kalian lihat adalah banyakanya kelelawar yang sedang bergelantungan karena memang mereka adalah hewan nocturnal yang tidur di siang hari. Selain itu stalagtit dan stalagmit khas gua bakal sering kalian temukan sepanjang penyusuran.

Yang unik di Gua Pindul adalah adanya stalagtit yang air tetesannya dinamakan dengan air mutiara, konon air ini bisa membuat orang yang mengusapkannya ke muka akan menjadi awet muda. Biasanya pemandu akan memberhentikan kalian disini dan memberi kesempatan kalian untuk mendapatkan tetesan air mutiara dari stalagtit ini. Selain itu terdapat juga stalagtit terbesar ke-4 di dunia, saking besarnya sampai dibutuhkan 5 orang dewasa bergandengan tangan untuk dapat mengelilingi stalagtit ini.

Setelah selesai menyusuri gua, kalian akan berada di tempat dimana disitu ada tebing yang cukup tinggi. Disitu kalian bisa memacu adrenalin kalian dengan melompat ke bawah. Tidak perlu khawatir karena kedalaman Air disini hanya 4 meter.

Tiket Cave Tubing Gua Pindul

Tiket masuk ke Gua Pindul adalah sebesar Rp 30.000. Biaya itu termasuk persewaan ban, jaket pelampung, helm, pemandu, dan sudah termasuk biaya asuransi.

Lokasi Cave Tubing Gua Pindul

Untuk mencapai Gua Pindul sebaiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum masih belum ada yang mencapai Gua Pindul. Gua Pindul berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 2 jam perjalanan. Dari Jogja kalian bisa mengambil ke arah Jalan Wonosari dari Ring Road Selatan. Dari Wonosari, Gua Pindul masih berjarak sejauh 10 km, namun sudah banyak plang (tidak resmi DLLAJ) yang menunjukan arah ke Gua Pindul.