Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Petualangan Cave Tubing Kalisuci Jauh-jauh dari Jakarta ke Yogyakarta hanya untuk mengunjungi Keraton atau Malioboro adalah suatu kerugian besar. Yogyakarta atau yang lebih enak disebut Jogja ini tak hanya menawarkan wisata budaya saja, namun alamnya tak kalah menarik untuk dijelajahi dan ditakhlukkan.

Salah satu wisata alam di Jogja yang patut kalian coba adalah wisata cave tubing Kalisuci. Cave tubing sendiri adalah kegiatan penyusuran gua menggunakan ban dalam (tube). Ban digunakan sebagai pelampung selama kegiatan penyusuran yang melewati sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan ini merupakan satu-satunya di Indonesia dan menduduki urutan ketiga setelah cave tubing di Belize dan Selandia Baru.

Wisata yang dirintis sejak tahun 1997 ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Lokasi tersebut berjarak 60 kilometer dari Jogja atau 10 kilometer dari Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul.

Sesampainya di lokasi cave tubing Kalisuci, kalian akan disuguhi dengan pemandangan indah sungai bawah tanah yang mengalir deras menembus gua-gua karst seperti Gua Jomblang dan Grubug. Karakter tanah di Gunung Kidul yang didominasi batuan kapur tandus dan kering tak membuat aliran Sungai Kalisuci tersebut menyurut.

Jika kalian mengikuti kegiatan cave tubing Kalisuci ini, kalian harus menakhlukkan sungai bawah tanah sepanjang 500 meter dengan kedalaman air 1-3 meter. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai garis finish. Penyusuran dimulai dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan dituntaskan di Gua Mburi Omah.

Selama aktivitas penyusuran, kalian tak jarang akan ditemani oleh segerombolan kelelawar yang beterbang di atas kepala kalian. Eits, bukan kawanan kelelawar yang menjadi daya tarik utama cave tubing Kalisuci ini, melainkan pemandangan bebatuan karst dengan berbagai bentuk yang menghiasi dinding gua.

Kegiatan yang dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) ini sangat cocok untuk segala usia karena keamanannya cukup terjamin. Instruktur ahli dengan jam terbang yang cukup banyak siap menjamin keselamatan kalian selama perjalanan. Berbagai perlengkapan wajib bagi peserta cave tubing juga disiapkan, seperti ban dalam, helm, headlamp, rompi pelampung, dan sepatu boot.

Untuk mencapai lokasi cave tubing Kalisuci sangat tidak memungkinkan menggunakan kendaraan umum. Jika kalian datang bersama teman banyak sebaiknya menyewa kendaraan dari Jogja. Walaupun sudah lama dirintis namun karena kurangnya perhatian dari pemerintah, akses jalan menuju lokasi memang agak sulit. Kondisi jalan berupa tanjakan dan turunan, sangat membutuhkan stamina kendaraan yang prima. Sebelum sampai ke lokasi basecamp, peserta harus melewati medan berbatu kira-kira 500 meter, dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.