Danau Ranu Kumbolo Semeru

Ranu Kumbolo, Penghapus Lelah Pendakian Semeru Kalian yang udah nonton film 5 CM pasti bakal kenal dengan danau yang terletak di ketinggian 2390 meter di atas permukaan laut ini. Ranu Kumbolo terletak di kawasan Gunung Semeru dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau ini merupakan spot favorit bagi pendaki Semeru karena menawarkan pemandangan dan suasana yang yang menakjubkan.

Ranu Kumbolo bisa diakses melalui pintu masuk jalur pendakian Gunung Semeru yakni di Ranu Pane. Dibutuhkan waktu sekitar 3-5 jam untuk mencapainya dengan perjalanan kaki. Danau ini memang masuk dalam salah satu jalur pendakian Gunung Semeru.

Danau Ranu Kumbolo

Untuk mencapai Puncak Mahameru, kebanyakan pendaki mengambil jalur Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Cemoro Kandang, Kalimati hingga akhirnya Puncak Mahameru. Kontur jalur antara Ranu Pane dan Ranu Kumbolo relatif landai walau sedikit naik, keduanya berjarak sekitar 10,5 kilometer. Ranu Kumbolo ke Kalimati berjarak sekitar 7,5 kilometer, sedangkan dari Kalimati ke Puncak Mahameru berjarak 1 kilometer dengan kontur menanjak yang berat.

Camping di Ranu Kumbolo Semeru

Gimana Traveler, setelah melihat kecantikan Ranu Kumbolo pada gambar di atas pasti kalian langsung ngebet pengen mengunjunginya kan? Tapi ingat, jika kalian mengunjungi danau ini kalian harus menjaga kebersihan dan keasriannya ya, agar tetap cantik dan bisa dinikmati anak-cucu kita kelak. Caranya pun mudah, jika kalian mendaki Semeru dan berkemah di kawasan danau ini pastikan kalian membawa kembali turun sampah sisa makanan yang kalian bawa atau sampah-sampah lain yang dapat mengganggu keindahan danau ini.

Peta Ranu Kumbolo

Pencarian Terkait: