Gua Pawon Padalarang

Gua Pawon Wisata Alam dan Sejarah di Bandung Barat Disebut Gua Pawon karena memang letaknya berada diperbukitan yang bernama Pawon. Gua Pawon memang bukan merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Bandung, sehingga tidak banyak yang tahu keberadaannya. Padahal gua ini menyimpan rahasia sejarah yang sudah tersimpan selama ribuan tahun.

Karena bukan merupakan destinasi wisata yang populer, Gua Pawon sebenarnya merupakan tempat wisata yang enak untuk dikunjungi karena sepi. Kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam dengan lebih tenang dan damai.

Rahasia Sejarah yang tersimpan di dalam Gua Pawon adalah adanya fosil manusia purba yang ditenggarai pernah hidup di sekitar gua, mengingat adanya hipotesa bahwa kebnyakan manusia purba tinggal di gua-gua. Banyak keterangan yang didapat oleh para arkeolog dari fosil-fosil yang ditemukan di Gua Pawon.

Gua Pawon terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang yang masuk ke dalam wilayah Bandung Barat. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandung di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.

Di sekitar Gua Pawon, banyak pecinta alam yang sering melakukan panjat tebing karena memang tanahnya berupa karst yang sangat menantang untuk di kunjungi. Tapi jangan khawatir, kalau kalian bukanlah pecinta alam, kalian bisa hanya menikmati gua yang memiliki luas 300 meter persegi.

Sangat disayangkan banyak penduduk sekitar yang melakukan penambangan kapur sehingga ekosistem di Gunung Masigit banyak yang rusak karena aktivitas penambangan. Semoga pemerintah setempat segera mengantisipasi dengan mengelola objek wisata ini dengan baik dan tetap mempertimbangkan kelestarian alam di sekitarnya.

Jika kalian ingin ke Gua Pawon kalian bisa menumpang bis jurusan Jakarta-Cianjur yang melewati Padalarang. Lalu turun di daerah Citatah, mintalah kepada kernet bus untuk memberi tahu dimana Gua Pawon berada. Lalu selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek yang bisa mengantar sampai ke mulut Gua pawon dengan biaya seharga Rp 10.000 atau jika kalian masih memiliki cukup tenaga, kalian bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Pencarian Terkait: