Wisata Halong Bay Vietnam

Halong Bay, UNESCO World Heritage Site Terletak di timur laut Vietnam, Teluk Halong merupakan salah satu warisan yang diakui oleh badan milik PBB UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Keindahan alam teluk yang memiliki garis pantai sepanjang 120 kilometer ini memang tidak diragukan lagi, tak heran menjadi salah satu primadona pariwisata Negeri Ho Chi Minh tersebut.

Halong Bay yang konturnya terdiri dari ribuan karst atau gunung kapur tersebut namanya berasal dari bahasa Vietnam “Vịnh Hạ Long” yang bermakna teluk tempat turunnya naga. Konon, menurut legenda yang dipercaya masyarakat Vietnam, saat dahulu kala terjadi peperangan melawan Cina turunlah keluarga naga ke teluk Halong untuk membantu rakyat Vietnam. Ibu Naga dan anaknya membakar pasukan Cina dengan api dan mengeluarkan batu zamrud besar sebagai pertahanan. Para tentara tersebut akhirnya tenggelam dan menurut legenda batu-batu zamrud tersebut berubah menjadi pulau-pulau yang saat ini ada di Teluk Halong.

Memiliki luas total sekitar 1.553 kilometer persegi, Halong Bay terdiri dari 1.969 pulau-pulau kecil dimana hanya kurang dari separuh pulau-pulau tersebut yang sudah memiliki nama. Berdasar literatur yang sudah ada, di pulau-pulau kecil tersebut terdapat 435 jenis tanaman, 22 spesies hewan laut, dan 76 spesies burung. Selain itu terdapat 28 varietas mangrove, 315 spesies ikan, serta 545 spesies hewan tak bertulang belakang dan 234 spesies koral.

Beberapa pulau kapur di Teluk Halong memiliki gua yang kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Beberapa gua yang terkenal diantaranya Thien Cung (Gua Istana Surga), Dau Go (Gua Kayu Apung), Sung Sot (Gua Kejutan), dan Tam Cung (Gua Tiga Istana).

Gua Thien Chung Halong Vietnam

Thien Cung adalah gua yang paling populer diantara gua-gua lainnya di Teluk Halong. Bebatuan yang ada di Gua Istana Surga ini dihiasi dengan lampu berwarna-warni yang mampu menambah keindahan dan kemegahannya. Menurut legenda, gua ini merupakan tempat pesta pernikahan seorang gadis bernama Mei dengan Pangeran Naga yang dilangsungkan selama tujuh hari tujuh malam. Pesta tersebut dihadiri oleh gajah, ular, peri, dan makhluk-makhluk lainnya. Kini hewan-hewan yang menghadiri pesta tersebut membentuk batu yang menghiasi seisi gua Thien Cung.

Jika kalian sedang backpacker-an di Hanoi, jangan sampai melewatkan jalan ke obyek wisata Halong Bay ini. Biar praktis, kalian bisa menggunakan jasa one day trip dengan berbagai tarif yang bisa kalian sesuaikan dengan kantong masing-masing. Dengan biaya sekitar US$ 20 kalian sudah mendapat makan siang, transportasi mobil dan kapal, serta biaya masuk obyek wisata.

Pencarian Terkait: