Tips Backpacker ke Lombok

Tips Murah Backpacker ke Lombok - Bukan rahasia lagi kalau Lombok itu tidak kalah indah dari Bali, bahkan cenderung lebih tenang untuk destinasi wisata dibanding Bali yang sudah terlalu crowded. Ternyata kalo kita mau backpacker ke Lombok, biaya yang dibutuhkan tidak banyak, kita bisa menikmati indahnya Gili Trawangan dengan budget di bawah Rp 1 juta. Mau tips murah backpackeran ke Lombok, simak saja post kita berikut ini.

Kalo kalian dari Jakarta atau Bandung, naiklah kereta malam ke Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dan lanjutkan perjalanan esok paginya menumpang kereta ekonomi Sri Tanjung. Dengan 50.000 Rupiah saja, Sri Tanjung akan membawa kalian sampai ke Banyuwangi, Jawa Timur. Perjalanan panjang ini akan sangat melelahkan karena memakan waktu 14 jam di atas rel kereta.

Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung

Sesampainya di Stasiun Banyuwangi sekitar jam 22.00, bersantailah sejenak. Sepanjang jalan dari stasiun ke pelabuhan banyak tempat makan yang cukup murah dan ada beberapa mini market untuk memunuhi bekal logistik perjalanan backpacker ke Lombok kalian. Tak perlu terburu-buru untuk menyebrang ke Bali karena akan sia-sia saja, mengingat bus yang membawa kalian dari Gilimanuk ke Padang Bai baru ada jam 02.30 pagi.

Ketika jarum jam menunjukkan pukul 23.30 barulah kalian naik kapal untuk menyebrangi Selat Bali. Ingat, beli tiket di loket resmi aja, toh harganya cuma 6.000 Rupiah saja. Perjalanan ferry dari Ketapang ke Gilimanuk cukup singkat hanya setengah jam, turun dari ferry kalian bisa berjalan ke Terminal Gilimanuk.

Begitu masuk ke terminal kalian langsung dihadang oleh banyak calo bus yang menawarkan tiket. Disini terjadi tawar-menawar, jika kalian jago menawar kalian bisa mendapatkan harga 40.000 Rupiah untuk bus yang bakal mengantar kalian ke Padang Bai. Kalian harus ekstra hati-hati di sini, kalian harus cek di papan pengumuman apa nama bus dengan tujuan Padang Bai (bus berangkat jam 02.30). Jika salah, kalian akan dinaikan bis ke Terminal Ubung, Denpasar. Di Ubung kalian harus menunggu bus yang ke Padang Bai. Artinya, sama saja ujung-ujungnya naik bus itu juga.

Pelabuhan Padang Bai

Kalian akan tiba di Padang Bai sekitar jam 07.00 pagi hari. Santai saja, ga usah terburu-buru karena tiap jam ada ferry yang siap mengantar menyeberang. Jadi kalian bisa mencari sarapan terlebih dahulu. Jika sudah benar-benar siap dan perut terisi barulah kalian membeli tiket penyeberangan dengan tarif sekitar 36.000 Rupiah, ingat belinya resmi ya jangan bikin gemuk calo. Perjalanan ferry dari Padang Bai ke Pelabuhan Lembar Lombok memakan waktu sekitar 4-5 jam. Waktu perjalanan yang cukup lama tersebut bisa kalian manfaatkan dengan istirahat di kapal sambil menunggu kapal merapat pada tengah hari.

Di Pelabuhan Lembar kalian akan dikejar-kejar oleh banyak supir mobil carteran. Disini harus pandai tawar-tawaran lagi, tergantung destinasi mana di Lombok yang bakal kalian tuju. Kalian bisa minta antar ke Pantai Senggigi yang terkenal dengan sunset-nya yang spektakuler itu, atau ke Terminal Cakra jika kalian mau bermain di tengah Kota Mataram. Buat kalian yang ingin meneruskan perjalanan ke Gili Trawangan, kalian bisa meminta di antar ke Pelabuhan Bangsal dengan tarif antar sekitar 150.000 Rupiah untuk empat orang. Sesampainya di Pelabuhan Bangsal, kalian tinggal merogoh kocek 10.000 Rupiah untuk tiket menyeberang ke Gili Trawangan.

Demikian tips liburan murah ala backpacker ke Lombok, semoga bisa bermanfaat buat kalian yang sedang berencana ke Lombok dalam waktu dekat. Jangan lupa klik tombol “like” di atas yah, happy traveling. Cheers!

Pencarian Terkait: