Pantai Kaliantan Lombok Timur

Menikmati Sunset di Pantai Kaliantan Pulau Lombok memang terkenal dengan Pantai Senggigi dan ketiga gilinya yang sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati pemandangan golden sunset. Namun bukan berarti hanya tempat-tempat tersebut yang asyik buat menikmati fenomena terbenamnya sang surya, ternyata Lombok punya Pantai Kaliantan yang terletak di sisi selatan pulau.

Pantai yang terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini sering disebut sebagai “pantai perawan”. Julukan ini diperoleh Pantai Kaliantan karena suasana sepi dan sunyi pantai jauh dari keramaian pelancong. Buat kalian yang suka memburu suasana pantai nan tenang dan alami, pantai ini sudah pasti jadi surga kalian, seakan berada di private beach lah.

Matahari Terbenam Pantai Kaliantan

Seperti kebanyakan pantai di sisi selatan Lombok, Kaliantan memiliki pasir bertekstur mirip merica yang unik. Pasir putihnya berpadu apik dengan air laut berwarna biru jernih, di sisi daratan warna hijau rerumputan seakan menambah harmoni kemurnian hidden beach ini. Pemandangan alam ini bakal lebih dramatis jika disiram cahaya jingga saat senja, jadi buat kalian yang mengunjungi pantai ini tak salah jika datang agak sore.

Upacara Bau Nyale

Upacara Bau Nyale Pantai Kaliantan
Daya tarik Pantai Kaliantan selain pemandangan alamnya adalah budaya. Yap, tiap tahunnya di pantai ini diadakan sebuah festival budaya yang dinamakan Bau Nyale. “Bau” dalam Bahasa Sasak berarti menangkap sedangkan “Nyale” adalah sejenis cacing laut yang hanya muncul di permukaan beberapa kali dalam setahun. Bau Nyale merupakan upacara rakyat yang diadakan bulan Februari-Maret tiap tahunnya, dimana orang-orang datang berbondong-bondong ke pesisir pantai-pantai Lombok untuk menangkap cacing Nyale yang dipercaya sebagai perwujudan Putri Mandalika.

Transportasi & Lokasi Pantai Kaliantan

Tidak ada moda transportasi umum yang secara khusus melayani trayek menuju Pantai Kaliantan, sebaiknya kalian menyewa mobil atau motor. Pantai ini bisa dijangkau selama 2 jam perjalanan dari Mataram, dengan rute Mataram – Praya – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan. Menggunakan GPS akan sangat membantu dalam menemukan pantai ini, terlebih sepanjang perjalanan tidak ditemui papan petunjuk arah. Bertanya arah kepada penduduk lokal juga sangat disarankan untuk lebih mempermudah perjalanan. Jangan lupa bawalah bekal makanan dan minuman, menemukan penjaja makanan tergolong agak susah di kawasan ini apalagi jika kalian datang di hari libur.

Pencarian Terkait: