Pantai Pandawa

Mengintip Keindahan Pantai Pandawa Selain karena keramahan penduduknya dan budayanya yang unik, ketenaran Pulau Bali tentu tak lepas karena keindahan alamnya. Kalau urusan keindahan alam, berbagai pantai yang terdapat di Bali memang tidak ada habisnya. Berbagai macam karakter pantai bisa ditemui di pulau yang terletak di timur Jawa ini.

Saking banyaknya wisata pantai di Bali, membuat beberapa pantai di Bali kurang terkenal padahal memiliki panorama yang jauh lebih indah dibanding pantai Kuta atau Sanur. Salah satunya adalah Pantai Pandawa, sebuah obyek wisata yang terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Akses yang sulit dan karena tersembunyi dibalik tebing batuan kapur yang menjulang tinggi membuat tidak banyak orang yang tahu keindahannya.

Barulah pada Desember 2012 lalu, pemerintah setempat membuka kawasan ini menjadi kawasan wisata dengan nama Pantai Pandawa, dinamakan demikian karena di sepanjang jalan menuju pantai ini terdapat patung kelima tokoh Panca Pandawa. Awalnya Pantai Pandawa merupakan pusat budi daya rumput laut yang dilakukan oleh penduduk setempat. Kini setelah dibuka menjadi kawasan wisata, Pantai Pandawa sudah mulai dilengkapi berbagai sarana pendukung untuk wisata.

Pengunjung dapat melakukan banyak hal di Pantai Pandawa, ombak di Pantai Pandawa yang cukup besar memang cocok untuk melakukan olahraga surfing. Kalaupun hanya ingin duduk bersantai menikmati keindahan alam, sudah ada payung-payung pantai yang bisa disewa dengan biaya Rp 30.000. Untuk bermain Kano atau sampan kecil, pengunjung bisa menyewanya dengan tarif Rp 15.000.

Penduduk setempat juga sudah banyak yang membuka warung. Warung makan disini relatif lebih murah daripada di pantai daerah wisata lainnya, mungkin karena masih tergolong kawasan baru yang masih sepi.

Karena aksesnya masih cukup susah, untuk mencapi Pantai Pandawa yang terletak diujung selatan Pulau Bali ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang melayani sampai ke destinasi ini. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, untuk mencapai Pantai Pandawa cukup mudah karena jalanan sudah diaspal mulus dan tebing batu kapur yang tinggi sudah dibelah.

Lokasi Pantai Pandawa

Kalau dari Denpasar, kalian bisa menempuh perjalanan ke arah Garuda Wisnu Kencana (GWK). Setelah melewati GWK ke arah Uluwatu kira-kira 1 kilometer, kalian akan bertemu perempatan (kalau lurus ke Uluwatu dan Dreamland, kalau kanan ke Pantai Balangan) maka kalian harus berbelok ke kiri. Patokan mudahnya terdapat minimarket Nirmala di perempatan itu. Setelah berbelok kiri, maka ikuti jalan itu sejauh sekitar 3-4 kilometer, lalu ada papan penunjuk jalan menuju Pantai Pandawa belok kanan. Dari situ Pantai Pandawa sudah bisa dicapai dalam 2 kilometer.

Retribusi masuk Pantai Pandawa dikelola oleh warga setempat dengan tarif masuk Rp 2.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp 5.000 untuk turis asing.

Pencarian Terkait: