Pantai Wediombo

Pantai Wediombo, Hidden Paradise Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Yogyakarta. Gunung Kidul memang memiliki kawasan pantai indah yang berjajar hingga ke perbatasan Pacitan, Jawa Timur. Namun dulu keindahan Pantai-Pantai di Gunung Kidul hanyalah menjadi hidden paradise dan hanya sebagian orang saja yang pernah mengunjunginya.

Beberapa tahun terakhir pemerintah Kabupaten Gunung Kidul melalui dinas pariwisata terlihat cukup serius menggarap potensi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Beberapa potensi alam yang digarap antara lain air terjun, gua, dan pantai. Setelah memperbaiki sarana dan prasarana kawasan wisata pantai, Pemkab Gunung Kidul juga melakukan promosi secara gencar terhadap beberapa wisata pantai di Gunung Kidul. Akhirnya kawasan wisata pantai di Gunung Kidul mulai dikenal umum oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Salah satu kawasan pantai di Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi adalah Wediombo. Dalam bahasa jawa “wedi” berarti pasir dan “ombo” berarti luas. Jadi penamaan Pantai Wediombo memiliki arti pasir yang sangat luas. Namun hamparan pasir luas di Pantai Wediombo dibatasi oleh dua bukit karang besar di kedua sisinya. Hal inilah yang menjadi keunikan Pantai Wediombo. Kedua karang ini menjadikan Pantai Wediombo seolah olah berada di sebuah teluk.

Pantai Wediombo sudah memiliki fasilitas yang cukup komplit seperti toilet, musholla, dan warung makan. Pantai Wediombo juga bisa digunakan untuk melakukan camping untuk merasakan sensasi bermalam di alam bebas.

Salah satu keunikan lain dari Pantai Wediombo adalah sensasi memancing dari ketinggian. Kalian bisa memancing dari bukit karang yang berada di sisi Pantai Wediombo. Meskipun terjal namun jalur pendakian sudah dibuatkan semacam undakan anak tangga sehingga memudahkan pengunjung yang akan datang. Kalaupun tidak ingin memancing, kalian juga bisa merasakan sensasi menikmati panorama alam dari atas bukit. Memang sungguh indah alam yang diciptakan oleh-Nya. Jika kalian mengunjungi Pantai Wediombo, panorama sunset terindah bisa dinikmati dari atas ketinggian karang terjal.

Lokasi Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Akses kesini cukup mudah karena walaupun merupakan jalan kecil tapi sudah diaspal alus. Letaknya sekitar 30 kilometer ke arah selatan dari Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Kira-kira dapat ditempuh selama 2 jam dari pusat Kota Jogja dan sekitar 45 menit dari Wonosari. Dari Wonosari sudah banyak terdapat papan petunjuk yang menunjukan arah ke pantai Wediombo, sehingga untuk mencapai pantai ini bukanlah hal yang susah.

Kawasan Pantai Wediombo buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp 5.000/orang. Kawasan Pantai Wediombo hanya ditutup bagi wisatawan sekali dalam setahun, yaitu ketika penduduk setempat melakukan ritual Ngalangi, yaitu melarung ke laut berbagai macam hasil laut yang sudah mereka dapatkan sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta.

Pencarian Terkait: