Pasar Seni Sukawati

Berburu Oleh-oleh di Pasar Seni Sukawati Pasar Seni Sukawati adalah sebuah pasar tradisional yang berada di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali terutama untuk berburu oleh-oleh. Berbagai macam barang-barang khas Pulau Dewata dijual murah di sini seperti kaos, celana, kain Bali, gantungan kunci, dll.

Menurut pengalaman tim RanselWisata dan diskusi dengan beberapa teman backpacker yang sering traveling ke Pulau Bali, kita sepakat bahwa sebenarnya barang-barang yang dijual di kios oleh-oleh di berbagai tempat wisata di Bali hampir sama, mungkin produsennya sama bahkan belum tentu produk asli Pulau Bali semua. Bahkan RanselWisata pernah menemukan bahwa produsen patung-patung kecil yang menjadi oleh-oleh di Pulau Bali diproduksi di Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah.

Oleh karena itu, buat kalian yang sedang traveling ke Pulau Bali, lebih baik kalian fokus saja pada tempat wisata yang kalian kunjungi. Tidak perlu sibuk memikirkan membeli oleh-oleh di masing-masing tempat wisata tersebut untuk menghemat waktu. Borong saja oleh-oleh yang akan kalian beli di Pasar Seni Sukawati sekalian karena sebenarnya semua barang itu dijual di Pasar Seni Sukawati. Jadikan Pasar Seni Sukawati sebagai destinasi terakhir kalian di Pulau Bali sebelum pulang. Supaya kalian juga tidak repot ketika traveling karena harus membawa banyak oleh-oleh.

Begitu juga ketika kalian mengunjungi Pulau Bali dengan jasa agen perjalanan, mereka pasti menempatkan Pasar Sukawati di hari terakhir. Di hari awal kalian akan dibawa ke berbagai toko oleh-oleh yang memiliki harga lebih mahal, padahal barangnya sama dengan yang ada di Sukowati. Agen perjalanan biasanya menyarankan tamu untuk berbelanja di toko-toko tersebut karena agen tersebut biasanya mendapatkan komisi dari toko. Kalau di Pasar Seni Sukawati mereka tidak mendapatkan komisi sama sekali.

Jika kalian berbelanja di Pasar Seni Sukawati kalian harus agak bersabar karena banyak pedagang yang terkesan memaksa, santai saja dan tolak saja mereka dengan halus jika memang kalian tidak tertarik. Ketika kalian sudah menemukan barang yang kalian inginkan di Pasar Seni Sukawati, biasanya pedagang akan membuka harga cukup tinggi, tawar saja dengan sadis! Biasanya harga dibuka tiga kali lipat dari harga yang sudah bisa dilepas oleh pedagang. Untuk gambaran, kaos kaos oblong akan dilepas pada harga sekitar Rp 15.000-an.

Jika ingin ke Pasar Seni Sukawati sebaiknya kalian datang di pagi hari. Selain karena masih sepi, kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena pedagang di sini mempercayai bahwa penjualan pertama di pagi hari begitu penting sebagai penglaris. Beberapa kios di Pasar Seni Sukawati sudah buka dari jam 8 pagi, namun baru benar-benar ramai pada jam 10 pagi. Aktifitas jual beli di Pasar Seni Sukawati terus berlangsung hingga pukul 18.00.

Lokasi Pasar Seni Sukawati

Akses menuju Pasar Seni Sukawati cukup mudah. Walaupun berjarak sekitar 30km dari Denpasar, sudah ada papan penunjuk jalan menuju Pasar Seni Sukawati yang berada di sisi timur laut Denpasar. Kalau tidak macet Pasar Seni Sukawati bisa dicapai dalam waktu 45 menit.

Pencarian Terkait: