Perkebunan Teh Rancabali

Menikmati Hijaunya Perkebunan Teh Rancabali Berbicara keindahan alam Gunung Patuha memang tidak ada habisnya. Karena bentangan alamnya yang indah, tak heran banyak terdapat destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kawasan Gunung Patuha ini. Selain Kawah Putih dan Ranca Upas, jika kalian mengunjungi kawasan Ciwidey, salah satu tempat yang juga wajib dikunjungi adalah perkebunan teh Rancabali yang terletak tak jauh dari Kawah Putih.

Perkebunan teh Rancabali merupakan perkebunan teh terluas di Jawa Barat dengan total area 1.600 hektar yang dikelola oleh BUMN di bawah bendera PT. Perkebunan Nusantara VIII. Saking luasnya, ketika kita berada di perkebunan teh Rancabali sejauh mata memandang semuanya adalah perkebunan teh yang terhampar luas.

Karena fungsinya sebagai perkebunan yang masih terus berproduksi, sebenarnya perkebunan teh Rancabali bukanlah sebuah tempat wisata. Dan memang tidak dibuka untuk wisata, namun pihak perusahaan tidak melarang jika ada pengunjung yang datang menikmati keindahan pemandangan alam di perkebunan teh, selama kegiatan para wisatawan tidak mengganggu kegiatan produksi di perkebunan teh.

Jika kalian sedang mengunjungi Kawah Putih dan masih memiliki sisa waktu sebelum pulang, maka tidak ada salahnya kalian mampir ke perkebunan teh Rancabali. Selain memiliki pemandangan alam kebun teh yang indah, kalian juga bisa merasakan sejuknya udara pegunungan di Rancabali. Terletak di ketinggan 1.600 meter di atas permukaan laut, suhu rerata di perkebunan teh Rancabali adalah 20o C.

Oiya, jangan lupa bawa perbekalan yang cukup jika ingin mengunjungi perkebunan teh Rancabali karena memang bukan kawasan wisata, maka masih jarang warung yang tersedia di sini. Eits, yang tak kalah penting jangan membuang sampah sembarangan ya. Ingat lirik lagu John Kay, take nothing but pictures, kill nothing but time, leave nothing but footprints. Hargailah alam, agar keindahannya juga bisa dinikmati anak-cucu kita kelak.

Lokasi Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan teh Rancabali terletak sekitar 7 kilometer sebelah selatan Kawah Putih. Jadi jika kalian ingin mengunjungi perkebunan teh Rancabali bisa menuju Kawah Putih Ciwidey terlebih dahulu.