Puspa Iptek Bandung

Puspa Iptek Bandung, Wisata Edukasi Kota Kembang Berbicara tentang destinasi wisata edukasi, Jakarta memiliki PP Iptek yang terletak di area Taman Mini, sedangkan di Jogja juga terdapat Taman Pintar yang terletak tak jauh dari Jalan Malioboro. Tak kalah ketinggalan, ternyata Bandung juga memiliki wisata edukasi yang patut dikunjungi. Obyek wisata yang dinamai Puspa Iptek Bandung atau Puspa Iptek Sundial ini terletak di Kota Baru Parahyangan.

Sebagai lokasi yang masih baru dikembangkan, Kota Parahyangan mempunyai konsep yang cukup maju dalam memandang iptek. Ini terbukti dengan dijadikannya Puspa Iptek Bandung sebagai landmark di Kota Baru Parahyangan.

Bangunan Puspa Iptek Bandung memiliki warna yang mencolok dan arsitektur gedung yang unik. Keunikan bentuk ini bukanlah bentuk asal-asalan belaka namun ada fungsinya. Gedung ini juga berfungsi sebagai sundial atau jam matahari. Sundial adalah salah satu penemuan kuno yang sangat bermanfaat bagi peradaban manusia di bumi. Uniknya jam matahari di Puspa Iptek Bandung sudah mendapatkan penghargaan MURI sebagai jam matahari terbesar yang dibangun di Indonesia. Tapi konon, sebenarnya jam matahari ini merupakan yang terbesar di Asia Pasifik.

Selain sebagai museum yang menyimpan berbagai alat yang berhubungan dengan iptek, Puspa Iptek Sundial juga memiliki sekitar 120 alat peraga yang bisa dicoba oleh pengunjung untuk memahami konsep aplikatif dari alat peraga tersebut. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang berkunjung disini. Karena alat peraga disini membutuhkan kemampuan berpikir, Puspa Iptek Bandung lebih pas untuk anak usia sekolah dibanding usia pra-sekolah.

Sebenarnya di Puspa Iptek Bandung terdapat banyak sekali instruktur yang siap menjelaskan dan membantu pengunjung dalam mencoba alat peraga, namun jika pengunjung disini terlalu banyak, maka instruktur tidak bisa melayani semua pengunjung. Untuk itulah orang tua bisa berperan aktif dalam membantu anak memahami alat peraga karena di setiap alat peraga terdapat petunjuk yang sangat mudah dipahami bagi orang dewasa.

Selain sebagai museum berbagai alat peraga, Puspa Iptek Bandung juga menyediakan bioskop 4 dimensi. Jika kalian memiliki cukup waktu luang tidak ada salahnya untuk turut menikmati bioskop 4 dimensi. Namun bioskop 4 dimensi di Puspa Iptek Bandung terdapat di sebuah gedung yang terpisah dari sundial atau gedung jam matahari tadi.

Harga tiket masuk ke Puspa Iptek Bandung adalah Rp 12.000, namun jika kalian berniat untuk menikmati pertunjukan film 4 dimensi, kalian bisa membeli tiket terusan yang termasuk tiket menonton film 4 dimensi dengan harga Rp 24.000.

Puspa Iptek Bandung buka dari pukul 09.30 – 16.00. Jika kalian ingin berkunjung kesini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, letaknya tidak jauh dari gerbang tol Padalarang. Sekitar 5 menit dari gerbang tol, kalian akan langsung melihat gedung jam matahari yang dari bentuk dan warnanya sudah menarik perhatian.

Pencarian Terkait: