Penangkaran Rusa Ranca Upas

Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey Selain Kawah Putih, kawasan wisata di Ciwidey juga menawarkan destinasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Ranca Upas. Berada di lereng Gunung Patuha, wisata alam ini menawarkan indahnya pemandangan alam yang dipadukan dengan hawa sejuk yang menyegarkan tubuh. Hiruk pikuk dan penatnya kehidupan kota bisa sejenak terlupakan ketika berwisata disini.

Sebenarnya destinasi ini sudah digunakan untuk kawasan wisata sejak tahun 80-an, namun sayangnya dahulu kawasan ini belum digarap dengan serius. Berbeda dengan sekarang yang sudah lengkap fasilitasnya, baik itu jalan menuju ke Ranca Upas yang sudah diaspal halus, toilet, dan musholla yang sangat layak serta warung-warung penyedia kebutuhan logistik juga sudah tersedia.

Ranca Upas sering digunakan sebagai bumi perkemahan. Banyak rombongan yang sengaja datang untuk berkemah di kawasan Ranca Upas. Jika kalian yang awalnya tak berencana berkemah tapi tiba-tiba ingin bermalam, jangan khawatir warung-warung di sini juga menyewakan berbagai peralatan kemah.

Salah satu daya tarik Ranca Upas tentunya adalah penangkaran rusa. Dulunya rusa-rusa di Ranca Upas adalah binatang liar yang hidup di lereng Gunung Patuha, namun karena keberadaannya yang semakin memprihatinkan, akhirnya rusa-rusa itu dipelihara secara serius oleh pengelola kawasan Ranca Upas.

Walaupun rusa-rusa di Ranca Upas lebih sering ngumpet dan bermalas-malasan di antara rerumputan, namun kalian bisa memanggilnya dengan melemparkan sayuran kesukaan mereka. Kalian bisa membeli sayur seperti wortel dari sang penjaga. Rogoh kocek kalian Rp 5.000 untuk mendapatkan satu ikat sayuran yang ampuh menarik perhatian rusa-rusa lucu Ranca Upas. Kalian bisa memberimakan langsung dari semacam jembatan atau panggung yang ada di luar kandang dengan cara melemparkannya, atau jika cukup berani kalian bisa turun masuk ke dalam kandangnya.

Selain berkemah dan menikmati tingkah lucu rusa, kalian bisa menikmati segarnya air di waterboom yang terdapat di Ranca Upas atau berkemah di camping ground yang tersedia.

Tiket Masuk Ranca Upas

Harga tiket masuk kawasan Ranca Upas adalah Rp 10.000/orang, dengan biaya parkir Rp 5.000/mobil dan dan Rp 2.000/motor.

Lokasi Ranca Upas

Jalan menuju Ranca Upas sama dengan Kawah Putih, kalian bisa menemukannya sebelum pintu masuk kawah yang ditemukan Junghuhn tersebut. Jika kalian menggunakan kendaraan umum maka kalian harus menggunakan angkutan Leuwi Panjang-Ciwidey dilanjutkan dengan angkot Ciwidey-Situ Patengang. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta maka kalian harus keluar di Gerbang Tol Kopo dan menuju Ciwidey melalui Sayati dan Soerang.

Pencarian Terkait: