Seperti kebanyakan situs, RanselWisata juga memiliki kebijakan berupa syarat dan ketentuan. Dokumen yang panjang dan membosankan ini harap kalian baca, karena pelanggaran salah satu atau beberapa pasal yang tertera di bawah bukan merupakan tanggung jawab kami.

  1. Setiap pengunjung paham dan setuju atas syarat dan ketentuan yang berlaku di situs RanselWisata.
  2. RanselWisata sangat menjunjung tinggi privasi pengunjung, untuk informasi kebijakan privasi bisa dibaca di sini.
  3. Yang dimaksud dengan konten adalah tulisan, gambar, komentar dan segala material yang dilindungi oleh hak cipta. Konten dalam situs RanselWisata dilindungi oleh hak cipta (HAKI dan DMCA).
  4. Segala bentuk panduan, tips, dan artikel di RanselWisata adalah buah dari pengalaman dan riset yang dilakukan penulis / kontributor. Gunakan dengan bijak, setiap resiko atau ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh penggunaan konten RanselWisata adalah tanggung jawab pembaca.
  5. Sebagai bentuk apresiasi terhadap pengunjung, RanselWisata menyediakan kolom komentar untuk media komunikasi. Pengunjung dilarang mengirimkan komentar, tautan atau segala material yang berbau SARA, pornografi, atau menyerang pengunjung lain. Pengunjung yang menulis komentar bertanggung jawab atas segala materi yang di-posting.
  6. RanselWisata menghargai segala bentu hak cipta. Apabila kalian menemukan konten di RanselWisata yang dirasa melanggar hak cipta, silakan mengirimkan komplain melalui email halo[at]ranselwisata.com. Kami membutuhkan 2-3 hari kerja untuk memproses komplain. Pihak RanselWisata hanya akan memproses keluhan yang memenuhi pedoman DMCA berikut:
    • Pemegang hak cipta atau orang yang diberi kuasa mampu memberikan bukti sah tentang material yang dilanggar.
    • Memberikan informasi kontak yang cukup sehingga kami bisa menghubungi. Alamat email yang valid wajib diberikan.
    • Memberikan informasi yang cukup tentang materi yang diklaim telah kami langgar dan termasuk sekurang-kurangnya satu katakunci pencarian yang memuculkan material pada hasil pencarian RanselWisata.
    • Surat pernyataan yang menyatakan pihak yang mengajukan komplain dengan niat sungguh-sugguh mempercayai bahwa material yang dilanggar telah digunakan tanpa seizin pemilik hak cipta, agen, atau hukum.
    • Surat pernyataan yang menyatakan keakuratan informasi pada klaim, bahwa pihak yang mengajukan klaim mendapatkan kuasa dari pemilik hak cipta yang karyanya dilanggar.
    • Harus menyertakan tandatangan dari pihak yang mendapatkan kuasa dari pemilik hak cipta yang karyanya dilanggar.

Segala ketentuan dan syarat di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jika ada pertanyaan atau masukan mengenai dokumen ini, silakan hubungi kontak RanselWisata.