Taman Pintar Yogyakarta

Serunya Belajar di Taman Pintar Yogyakarta Jogja memang dikenal sebagai kota pelajar, selain karena terdapat banyak kampus besar di sekitar Jogja, minat masyarakat Jogja terhadap pendidikan dan ilmu pengetahuan cukup tinggi. Untuk memfasilitasi besarnya animo masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, pemerintah Kota Jogja bekerja sama dengan berbagai intansi terkait mendirikan tempat wisata edukasi bernama Taman Pintar.

Konsep pembangunan taman belajar ini adalah sebuah kawasan edukasi dengan segmen anak-anak kecil dari usia prasekolah sampai sekolah menengah. Harapannya dengan berbagai alat peraga sederhana yang menggunakan konsep sains, dapat menggugah imajinasi anak-anak sehingga nantinya anak dapat terpicu krativitasnya.

Selain berbagai alat peraga yang dapat dijajal langsung cara kerjanya oleh pengunjung, Taman Pintar juga memiliki berbagai wahana lainnya seperti simulatorgempa, wahana pemutaran film 3 dimensi, dan program kreativitas. Beberapa program kreatifitas yang ditawarkan di taman ini antara lain pembuatan gerabah, lukis gerabah, lukis kaos dan masih banyak lainnya.

Kawasan di Taman Pintar dibagi beberapa gedung. Sesuai dengan konsepnya masing-masing.

  1. Memorabilia, sesuai dengan namanya, gedung ini dibangun sebagai tempat mengingat segala sesuatu yang terjadi di masa lampau. Sejarah di kawasan memorabilia Taman Pintar ini mengkhususkan pada sejarah Indonesia dari masa kemerdekaan. Di sini terdapat banyak pengetahuan mengenai berbagai tokoh penting Indonesia.
  2. PlayGround, adalah tempat bermain outdoor seluas 5×30 Meter. Kawasan ini biasanya disewakan oleh pengelola Taman Pintar bagi rombongan yang akan membuat acara di tempat terbuka. Untuk menyewa kawasan playground bisa langsung menghubungi pengelola jauh hari sebelum kedatangan.
  3. Gedung Oval Kotak, merupakan gedung utama untuk eksebisi berbagai alat peraga di Taman Pintar. Di dalam gedung oval juga terdapat perpustakaan yang menyimpan berbagai koleksi buku yang dimiliki oleh Taman Pintar.
  4. Planetarium, merupakan tempat pemutaran film 3 dimensi berdurasi 15 menit
  5. Simulator Gempa, zona simulator gempa merupakan zona baru di Taman Pintar. Kawasan ini memiliki misi untuk mengedukasi masyarakat bagaimana cara evakuasi yang benar ketika terjadi bencana gempa.
  6. Zona Paud, dikhususkan untuk anak-anak usia dini, zona ini dibatasi maksimal hanya umur 7 tahun yang boleh masuk. Beberapa fasilitas yang disediakan di zona PAUD antara lain:
    • Ruang Computer Kids
    • Ruang Petualangan
    • Ruang Profesi
    • Ruang Pertunjukan
    • Ruang Perpustakaan Anak
    • Ruang Religi dan Budaya
    • Ruang Susun Balok

Karena memang diperuntukkan untuk anak-anak, desain bangunan Taman Pintar dibuat apik dan menarik baik dari segi bentuk dan warna. Pastinya anak dibuat puas dan sangat menikmati bermain sambil belajar di area taman. Taman Pintar adalah destinasi wajib liburan di jogja bagi kalian yang membawa anak-anak.

Harga Tiket Taman Pintar

Harga tiket masuk Taman Pintar Rp 8.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk pengunjung dewasa. Untuk menonton film 3 dimensi di wahana platarium dikenakan biaya masuk Rp 15.000/orang untuk satu film berdurasi 15 menit. Untuk wahana kreativitas lukis gerabah dikenakan biaya Rp 10.000 dan lukis kaos sebesar Rp 40.000, nantinya hasil kreativitas dapat dibawa pulang oleh pengunjung.

Peta & Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar dibangun di dekat pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di dekat Benteng Vredebeurg dan Taman Budaya Jogja. Letakanya masih termasuk di dalam kawasan wisata Malioboro, dan Kraton Jogja. Akses menuju taman edukasi ini sangatlah mudah, bahkan terdapat satu halte khusus untuk pengunjung yang disediakan di depan pintu masuk Taman Pintar.

Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta 55122
telp: +62274 583631, 583713 fax: +62274 583664

Pencarian Terkait: