Taman Ujung Karangasem

Pesona Taman Ujung Karangasem Hai Travelers, pernahkan kalian mendengar sebuah destinasi di Bali yang bernama Taman Soekasada Ujung? Destinasi yang lebih dikenal sebagai Taman Ujung ini merupakan salah satu arsitektur indah peninggalan dari raja terakhir Kerajaan Karangasem yaitu I Gusti Bagus Jelantik yang memerintah dari tahun 1909 sampai akhirnya Indonesia merdeka pada tahun 1945. Dibangun pada tahun 1939, Taman Ujung menjadi istana megah nan elok. Pemandangan alam di sekitar Taman Ujung juga seakan-akan ikut menambah keindahan istana air tersebut.

Taman Ujung letaknya di dataran tinggi dan tidak jauh dari situ merupakan pantai sisi timur Pulau Bali. Dari bukit tersebut kita bisa melihat luasnya laut di Selat Lombok dan Pulau Lombok itu sendiri. Konon di sekitar taman Ujung inilah Raja Karangasem mendapat inisiatif untuk menyerang Lombok setelah berjam-jam memandangi Pulau Lombok dari kejauhan.

Taman Ujung juga kadang disebut dengan istana air karena memang terdapat dua kolam besar di sini. Tiket masuk ke istana yang sempat rusak karena letusan Gunung Agung pada tahun 1963 ini terhitung sangat murah yakni Rp 5.000 per pengunjung. Jika kalian membawa kamera akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 50.000. Namun biaya segitu terhitung murah karena hasil foto yang didapatkan akan lebih tinggi nilainya dibanding besar retribusi tersebut. Bahkan, destinasi unggulan Kabupaten Karangasem ini menjadi favorit lokasi foto pre-wedding karena keindahannya.

Kalian juga dapat menyewa guide yang dapat menceritakan sejarah tentang bangunan yang dulunya dibangun untuk menyambut tamu kenegaraan dan untuk tempat berlibur para keluarga raja ini. Selain menjelaskan tentang bangunan taman ujung itu sendiri, guide juga akan menjelaskan sedikit banyak tentang Kerajaan Karangasem.

Letaknya yang sejalur dengan jalan menuju Amed, menjadikan Taman Ujung adalah salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi ketika kalian sedang menuju Amed. Letaknya yang cukup jauh membuat para traveler membutuhkan waktu 2 jam perjalanan untuk mencapai Taman Ujung dari pusat kota Denpasar. Namun tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan kalian akan dimanajakan dengan pemandangan indah khas Pulau Dewata.

Berencana liburan ke daerah timur Bali? Jangan lupa masukkan Taman Ujung ke dalam daftar itinerary kalian ya, wajib! Selamat berlibur, Travelers!

Peta Lokasi Taman Ujung

Foto karya Martha Suherman

Pencarian Terkait: