Lumba-lumba Teluk Kiluan Lampung

Wisata Berburu Lumba-lumba Teluk Kiluan Indahnya alam di Teluk Kiluan sebenarnya sudah banyak diketahui turis asing sejak lama, namun keteneran Kiluan akhir-akhir ini mulai naik daun di kalangan pelancong domestik. Walaupun letaknya hanya 85 kilometer dari kota Bandar Lampung, namun karena aksesnya yang masih terbatas perjalanan dari ibukota Provinsi Lampung tersebut ke Teluk Kiluan membutuhkan waktu 3-4 jam.

Menurut beberapa rekan kami yang pernah melakukan perjalanan kesana, untuk mencapai kiluan dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 12-14 jam. Tergantung kondisi jalanan dan ramainya penyeberangan Merak–Bakeuhuni. Jika ingin mengunjungi kiluan sebaiknya anda berangkat malam hari dari Jakarta, jadi kalian akan tiba di Kiluan pada pagi harinya.

Sangat disayangkan sekali akses jalan dan fasilitas di Teluk Kiluan masih sangat minim. Air tawar dan listrik masih agak susah. Tapi untuk keperluan penginapan sudah ada homestay dengan tarif mulai dari Rp 150.000 per kamar, yang bisa menampung sekitar 5 orang. Jika kalian berlibur ke Kiluan, sebaiknya membawa stok air mineral dengan jumlah yang agak banyak untuk memasak dan gosok gigi. Semoga dinas pariwisata dan pemerintah provinsi lampung serius menggarap Kiluan sebagai destinasi wisata sehingga nantinya Kiluan dapat dicapai dengan akses yang lebih mudah.

Walaupun membutuhkan effort yang cukup banyak, namun semua rasa lelah tentunya akan terbayar dengan segala keindahan alam Kiluan. Indahnya pasir putih di Pantai Kiluan membentang begitu eloknya.

Disepanjang pantai banyak penduduk setempat yang menawarkan jukung, sebutan masyarakat sana untuk perahu tradisional dengan mesin tempel. Dengan kapasitas 4-6 orang, perahu jukung inilah yang akan membawa para wisatawan menikmati indahnya Teluk Kiluan. Wisatawan akan dibawa ke tempat dimana biasanya lumba-lumba menampakan diri. Jadi selama di perahu, kalian harus terus berdoa supaya bisa ketemu dengan mamalia dari keluarga Delphinidae.

Wisatawan juga memungkinkan untuk melakukan snorkeling di sekitar Teluk Kiluan karena memang pemandangan bawah laut Kiluan tak kalah indah dengan di darat. Biasanya kapal juga akan berlabuh di Pulau Kiluan, tidak jauh dari teluk. Namun fasilitas di Pulau Kiluan masih sangat minim. Keindahan alamnya lah yang akan membayar rasa lelah kita untuk beristirahat sejenak.