Tempat Wisata di Bali

Tempat Wisata di Bali Siapa yang ga kenal dengan Pulau Bali? Pulau cantik yang terletak antara Provinsi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat ini memang telah menjadi primadona industri pariwisata Indonesia. Bahkan saking populernya, di luar negeri orang lebih mengenal Bali dibanding Indonesia.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bali yang cuku populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik “like” atau “tweet” jika kalian menyukai panduan wisata Bali ini.

1. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Didesain oleh Nyoman Nuarta, Garuda Wisnu Kencana (GWK) ditujukan sebagai ikon tempat wisata di Bali, layaknya Patung Liberty di Amerika Serikat. GWK sendiri merupakan patung Dewa Wisnu berketinggian 20 meter yang berdiri tegak di kompleks taman budaya yang berlokasi Bukit Ungasan.

Sayang sekali proyek fenomenal ini harus terhenti untuk waktu yang lumayan lama karena masalah pendanaan. Padahal bila bisa terwujud, patung Dewa Wisnu yang menunggangi Burung Garuda ini bakal memiliki ketinggian 146 meter dan menjadi patung tertinggi di dunia. Namun kabar baiknya, pada tahun 2013 Nyoman Nuarta, sang pencetus telah berhasil meyakinkan beberapa investor swasta untuk meneruskan patung yang dikunjungi 3000 wisatawan tiap harinya ini.

2. Tanjung Benoa

Suka olah raga air? Kemasi tas punggung kalian, dari Denpasar menumpanglah bus Sarbagita yang nyaman dan ramah dengan kantong bacpaker ini. Turun di shelter dekat kawasan Nusa Dua dan lanjutkan perjalanan kalian ke Tanjung Benoa. Tempat wisata di Bali bagian selatan ini memang sudah dari dulu dikenal sebagai surganya olah raga dan petualangan di atas air. Simak panduan lengkap Tanjung Benoa di sini.

3. Tanah Lot

Satu lagi ikon tempat wisata di Bali. Terletak di Tabanan, Tanah Lot merupakan tempat suci umat Hindu Bali yang merangkap sebagai destinasi wajib di Pulau Dewata. Buat kalian pecinta fotografi, tentunya momen sunset di Tanah Lot ga boleh sampai terlewatkan. Siluet pura yang terletak di atas batu karang pasti bisa menjadi masterpiece jepretan lensa kamera kalian. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Denpasar untuk mencapai tempat wisata yang terletak di desa Beraban ini.

4. Dreamland

Bosan dengan ramainya Pantai Kuta? Well, kalian harus arahkan perjalanan kalian ke bagian selatan Bali. Datangi saja Pantai Dreamland yang berada di kompleks Bali Pecatu Graha untuk menjumpai pantai tenang yang dikelilingi oleh tebing dan batu karang yang cukup tinggi ini. Pantai “impian” ini bisa kalian tempuh kurang lebih 30 menit perjalanan dari Denpasar.

5. Seminyak

Seminyak sejatinya adalah tempat wisata di Bali yang “haram” buat para pecinta backpacker, pasalnya pantai indah ini didominasi oleh deretan vila dan resort mewah yang tentunya di luar jangkauan kantong budget traveler. Namun bukan berarti Seminyak harus dijauhi ya, pemandangan sunset-nya yang indah sangat sayang jika tidak dinikmati.

6. Ubud

Terletak di Kabupaten Gianyar, Ubud dikenal sebagai pusat budaya dan seni Pulau Dewata. Buat kalian yang ingin bermeditasi dan bosan dengan hiruk pikuk keramaian kota, Ubud adalah destinasi yang tepat buat kalian. Deretan persawahan dan alam yang cantik serta sejuk telah menarik banyak wisatawan mancanegara untuk mengunjungi kawasan wisata yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Bandara Ngurah Rai ini.

7. Pantai Kuta

Pantai Kuta yang terletak tak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai ini merupakan pantai paling populer di antara kalangan wisatawan mancanegara. Tiap harinya, ribuan pelancong dari berbagai bangsa mengunjungi pantai yang konon memiliki pemandangan sunset terbaik di dunia ini.

8. Pantai Sanur

Jika Pantai Kuta di atas merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal karena sunset-nya, nah Sanur adalah kebalikannya. Pantai yang terletak di bagian timur Denpasar ini terkenal karena keindahan panorama matahari terbitnya. Tak hanya indah saat sunrise, Pantai Sanur juga merupakan tempat favorit bagi surfer pemula karena ombaknya yang lebih bersahabat.

9. Pura Uluwatu

Tempat suci umat Hindu Bali ini berdiri di atas batu karang dengan ketinggian 97 meter di atas permukaan laut. Daya tarik yang ditawarkan Pura Uluwatu adalah luasnya pemandangan Samudera Hindia dengan ombaknya yang menawan. Tak hanya itu saja, wisatawan yang mengunjungi pura ini juga disuguhi dengan penampilan Tari Kecak. Tarian asli Pulau Dewata yang terkenal itu dimainkan secara kolosal oleh 50-100 penari.

10. Bedugul

Buat kalian yang lebih suka hawa sejuk dan ga mau tersengat panasnya matahari pantai, kawasan Bedugul merupakan tempat wisata di Bali yang tepat buat kalian. Terletak di bagian utara Pulau Bali atau lebih tepatnya di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, kalian terlebih dahulu harus menempuh perjalanan sejauh 63 kilometer dari Denpasar untuk bisa menikmati sejuknya pemandangan danau dan pegunungan di Bedugul.

Daftar Tempat Wisata di Bali Lainnya

Selain destinasi populer di atas, masih banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata. Berikut ini daftar beberapa tempat wisata di Bali yang bisa jadi inspirasi dan panduan dalam menyusun itinerary kalian.

  • Air Sanih
  • Air terjun Gitgit
  • Amed
  • Bali Bird Park
  • Batubulan
  • Batukaang
  • Beraban
  • Candidasa
  • Pantai Dreamland
  • Garuda Wisnu Kencana
  • Jagaraga
  • Jatiluwih
  • Jimbaran
  • Kalibukbuk
  • Kebun Raya Eka Karya Bali
  • Kelating
  • Kintamani
  • Nusa Dua
  • Padangbai