Tips Memilih Maskapai Penerbangan Murah

Memilih Maskapai Penerbangan yang Sesuai Kantong Transportasi adalah salah satu komponen yang paling banyak memakan biaya dalam liburan, terutama transportasi udara. Salah satu upaya untuk menekan biaya transportasi udara ialah dengan memilih maskapai penerbangan murah atau low cost carrier (LCC).

1. Cari Tahu Reputasi Maskapai

Ketahui riwayat kecelakaan, frekuensi penerbangan, dan jenis pesawat yang dioperasikan. Pastikan maskapai tersebut memiliki reputasi bagus terkait sistem tepat waktu dalam pelayanan.

2. Ketahui Fasilitas Maskapai

Loket check-in pada maskapai LCC biasanya ditutup 45 menit sebelum pintu pesawat ditutup. Jadwal yang tertera pada boarding pass merupakan jam tutup pintu pesawat dan pesawat didorong mundur untuk siap take off (disebut ETD, estimated time departure). Pada maskapai murah, biasanya fasilitas bagasi dijual terpisah, yakni tidak disatukan dengan harga kursi. Jadi jangan sampai terkecoh mengenai hal bagasi ini. Bagasi yang dibawa ke kabin juga harus diperhatikan, jangan melebihi 10 kilogram dengan ukuran maksimal 56 cm x 45 cm x 25 cm.

3. Rencanakan Biaya Dengan Cermat

Pilihlah layanan seperlunya saja. Jika kalian memerlukan bagasi tambahan pesanlah secara online pada situs maskapai atau langsung pada saat check-in di bandara. Hal ini juga berlaku untuk pemesanan makanan di dalam pesawat. Sedangkan untuk info promo, kalian bisa memantau situs atau akun sosial media mereka.

4. Pilih Metode Pembayaran

Beberapa maskapai murah menggunakan kartu kredit dalam metode pembayarannya. Sebelum membeli tiket, pastikan maskapai LCC yang kalian pilih memiliki metode pembayaran yang bisa kalian jangkau, misal menggunakan kartu debit atau transfer via mesin ATM.

5. Cari Informasi Tambahan

Browsing inetrnet atau membaca media massa adalah salah satu cara ampuh untuk mendapatkan informasi tambahan. Pengalaman teman atau kerabat yang sudah merasakan pengalaman menaiki maskapai murah juga bisa sangat membantu kalian dalam menentukan pilihan.

Pencarian Terkait: