Tips Meninggalkan Rumah Saat Liburan

Tips Aman Meninggalkan Rumah Meninggalkan rumah agar selalu aman saat liburan adalah hal yang wajib, tak peduli sebentar atau lama waktu berlibur. Kejadian yang tidak diinginkan bisa saja menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Berikut adalah tips sederhana agar tak khawatir keamanan rumah selama kalian menikmati liburan.

1. Periksa Listrik dan Gas

Pastikan alat-alat elektronik yang tidak digunakan selama ditinggal sudah terlepas dari sambungan stop kontak. Kalian bisa membiarkan kulkas tetap menyala, karena biasanya kalian memiliki stok bahan makanan yang selalu butuh kesegaran. Melepas konektor alat elektronik yang tak terpakai akan meminimalisir resiko terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek. Resiko kebakaran lainnya bisa juga dipacu oleh tabung gas, oleh karena itu pastikan kompor gas kalian dalam kondisi yang aman.

2. Pasang Sensor Cahaya

Orang bisa menentukan rumah sedang kosong atau tidak hanya dari kondisi lampu yang menyala. Jika saat pagi atau siang lampu rumah dalam keadaan menyala, kemungkinan rumah dalam keadaan kosong karena tak ada yang mematikannya. Keadaan seperti ini bisa saja mengundang orang jahat untuk mengobok-obok seluruh isi rumah kalian. Oleh karena itu, sangat berguna bila kalian memasang alat sensor cahaya pada lampu yang berfungsi mengendalikan kapan lampu menyala dan padam.

3. Simpan Kunci Kendaraan

Jangan meninggalkan kunci kendaraan di dalam rumah karena jika rumah kebobolan, setidaknya kendaraan kalian tetap aman. Untuk menyimpannya kalian bisa membawanya bepergian atau menitipkannya kepada kerabat atau tetangga yang bisa dipercaya.

4. Pamit ke Tetangga dan Satpam

Pencegahan adalah hal yang terbaik. Sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur, pamitlah ke tetangga terdekat serta petugas keamanan perumahan. Hal ini penting agar mereka bisa ikut mengawasi rumah dan memberi tahu jika ada sesuatu yang terjadi di rumah.

Pencarian Terkait: