Tips Wisata Bromo Murah

Tips Liburan Murah ke Bromo Gunung Bromo? Siapa sih yang ga kenal dengan salah satu gunung dengan panorama terindah di Indonesia ini? Gunung yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan ikon utama pariwisata Provinsi Jawa Timur. Terletak di perbatasan empat kabupaten yakni Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo; Bromo menjadi destinasi favorit bagi pelancong dalam maupun luar negeri.

Tips Wisata Bromo Murah

  1. Hindari menginap di penginapan yang terletak jauh dari pintu masuk wisata Bromo. Selain lebih cepat mencapai lokasi, menginap di dekat Bromo juga akan memangkas biaya transportasi. Untuk mengejar momen sunrise juga bakal lebih mudah dan tak perlu terburu-buru, bakal ga lucu jika kalian jauh-jauh ke Bromo tapi kehilangan momen matahari terbit.
  2. Menginaplah di homestay, jenis penginapan ini relatif lebih murah jika dibanding dengan hotel. Cukup merogoh kocek sekitar 200.000-300.000 Rupiah, kalian bisa mendapat fasilitas seperti dua kamar tidur dengan dua extra bed di ruang tamu, sangat cocok buat kalian yang pergi mendaki berame-rame. Selain murah, beberapa homestay terletak dekat dengan pintu masuk tempat wisata Bromo, yakni sekitar 100 meter.
  3. Jangan ragu untuk menawar! Jasa angkut seperti ojek motor, jeep, dan kuda yang ada di Bromo semuanya bisa ditawar. Pilihan terbaik adalah ojek motor karena lebih murah dibanding dengan menyewa kuda. Jika kalian beramai-ramai bsa memilih jeep dengan ongkos yang tak lebih dari 100.000 Rupiah.
  4. Jika lupa membawa perlengkapan pendakian seperti sarung tangan, kaos kaki, syal, atau tutup kepala, lebih baik kalian membelinya sejak awal di terminal karena harganya bakal lebih murah bila dibanding membeli dari pedagang asongan yang menjajakannya di pintu masuk obyek wisata.

Gimana Traveler, wisata bromo murah bukan cuma impian kan? Asal terencana dengan baik, liburan murah ke Bromo atau tempat wisata lain bakal bisa lebih hemat. Semoga tips di atas bisa menjadi panduan kalian dan berguna. Cheers!